Rabu, 02 September 2015

SINGKAT TENTANG KABUPATEN PASURUAN



Kabupaten Pasuruan adalah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Inodesia. Ibu kota Pasuruan terletak di kecamatan Bangil. Kabupaten Pasuruan dipimpin oleh seorang bupati yang bernama H. M. Irsyad Yusuf, S.E, M.M.A. dan wakil bupati yang bernama H. M. Riang Kulup Prayudha.  Luas daerahnya 1.474 km2. Memiliki total populasi sebanyak 1.369.295 jiwa dan kepadatan 928,97 jiwa/km2. Di Kabupaten Pasuruan terdapat 24 kecamatan, 341 desa, dan 24 kelurahan.

Keadaan geografis di Kabupaten Pasuruan merupakan daerah dataran rendah, bagian barat daya merupakan pegunungan, dan puncaknya Gunung Arjuno dan Gunung Welirang. Bagian tenggara adalah bagian dari Pegununggan Tengger dengan puncaknya Gunung Bromo.
Kabupaten ini memiliki salah satu kawasan industri utama di Jawa Timur diantaranya ada Industrial Estate Rembang (PIER), Sampoerna, Matsushita (Panasonic), Cheil Jedang Indonesia Rejoso dan yang terakhir adalah PT. Nestle Indonesia. Tak lupa di Kabupaten Pasuruan juga terdapat objek tujuan wisata yang terletak di dataran tinggi yang cukup sejuk. Diantara objek tujuan wisata di Pasuruan adalah Taman Safari Indonesia di Prigen, Kebun Raya Purwodadi daan Candi Jawi. Salah satu daerah tujuan wisata tersebut terdapat villa - villa peristirahatan, dan sejumlah perumahan elit misalnya di Taman Safari Indonesia. Tak lupa di selatan Kota Pasuruan terdapat Gunung Bromo yang juga salah satu tujuan wisata utama di Jawa Timur. Jika sudah di perkenalkan tentang objek wisata maka tidak lengkap apabila tidak menyinggung tentang oleh - oleh khas Pasuruan. Oleh - oleh khas Pasuruan adalah Durian Supeno dan Ting Ting Jahe. 

Adapun Kuliner khas Pasuruan yaitu Rawon dan Sate Komo, Kupang Lontong Khas Kraton, Nasi punel Bangil, Rawon Nguling, dan Sate Kerang Bangil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar